Nikmatnya Sinar Matahari Bagi Tubuh dan Kehidupan, Sudahkah Mensyukurinya

nimatnya sinar matahari bagi tubuh dan kehidupan

Jumat yang indah. Sinar matahari menyapa dengan ramah. Panas matahari sejenak membuat tubuh terasa hangat. Anugerah matahari hari ini membuat jemuran kering secara alami. Saya bersyukur dengan kondisi seperti ini. Walau terkadang hujan datang di sore hari atau mendung menggelayut di nabastala.

Bersyukur Tinggal di Negara Tropis

Bersyukur tinggal di negara tropis dengan sinar matahari melimpah sepanjang tahun. Hal yang terkadang jarang disadari, padahal negeri Indonesia menjadi surga bagi negara lain. Terlebih yang mengalami 4 musim. Sinar matahari sangat terbatas. Hanya ada pada musim panas, semi, dan gugur. Sudahkah kita mensyukuri hal ini?

Ada lho negara yang mengalami matahari hanya sedikit sehingga mereka harus beradaptasi dengan hal tersebut. Apalagi ketika musim dingin, benar-benar dingin hingga minus.

Manfaat Sinar Matahari

Bila belum, mulailah mensyukuri karunia Ilahi. Sinar matahari yang terkadang garang menjadi hal menjengkelkan dan keluhan. Mari, balikkan hal itu dengan mengganti kalimat positif. Saya terkadang berjalan keluar ruangan ber-AC menghirup udara segar dan berdiri sejenak di bawah matahari. Cukup 5-10 menit. Badan pun terasa hangat.

Berjemur di Bawah Sinar Matahari

berjemur di bawah sinar matahari
pixabay.com

 

Berjemur adalah salah satu cara untuk sehat secara alami. Tanpa harus ke dokter. Tanpa harus membeli. Vitamin D bisa didapatkan dengan mudah. Mungkin hal itu yang membuat orang tua dulu sehat dan tidak gampang sakit. Teknologi memang membuat mudah. Namun, yang alami tetap dibutuhkan.

Saya setiap hari berusaha berjalan kaki di bawah sinar matahari pagi ketika berangkat dan pulang dari pasar. Sengaja banget membiarkan tubuh terkena sinar matahari langsung. Keringat pun membanjiri tubuh. Badan pun terasa hangar.

Energi Matahari

Tahukah teman? Dari sinar matahari tercipta listrik tenaga surya yang bisa membuat malam menjadi terang. Energi terbarukan ini memang belum dimanfaatkan oleh banyak orang maupun lembaga. Di luar negeri sudah mulai dikembangkan listrik bertenaga surya. Murah dan mudah didapat.

Beberapa rumah di Indonesia juga sudah menggunakan sinar matahari untuk menghidupkan listrik. Bahkan merambah ke institusi pendidikan. Penulis pernah menginap di pesantren yang menggunakan energi surya. Keuangan pesantren pun bisa dihemat hingga jutaan. Hal yang sering kita lupakan ketika melihat sinar matahari pagi.

Pengering Baju Alami

Sudahkah kita bersyukur dengan adanya matahari? Penulis senang dengan keberadaannya. Mengapa? Alasannya baju yang dijemur bisa kering dan tidak perlu keluar biaya untuk melakukannya. Kebayang kan kalau harus ke Laundry? Berapa rupiah yang dihabiskan hanya untuk mengeringkan baju?

Hingga detik ini, penulis bisa menghitung berapa kali ke Laundry. Jari tangan pun belum habis. Seingat penulis, sekali waktu mau jadi pengantin. Selebihnya belum pernah ke Laundry. Sayang saja dengan uang yang dikeluarkan bisa untuk yang lain.

Di rumah pun tidak ada mesin pencuci baju ataupun mesin pengering baju. Tujuannya biar hemat dan tidak tergantung pada teknologi dan listrik. Ketika tidak ada, jadi pusing dan bete. So, lebih baik menghindarinya.

Pertumbuhan Tanaman

Selain mengeringkan baju, listrik, ada lagi manfaat sinar matahari untuk pertumbuhan tanaman. Tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis. Tanaman yang diberikan sinar matahari terbukti lebih subur dan kuat.

Cabai yang kutanam di halaman rumah tumbuh menjulang tinggi hingga melebihi tinggi badanku. Pas metik, aku harus naik ke atas kursi. Akhirnya tanaman cabai kumiringkan sehingga aku bisa memetiknya dengan berdiri.

Jadi, sudahkah menikmati sinar matahari atau sebaliknya? Masih bersungut dan mengeluh dengan keberadaannya? Mari, perbaiki sikap kita agar senantiasa bersyukur dengan karunia Tuhan.

foto: Marion dari pixabay.com

 

#pernakpernikkehidupan

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like