Mau Sehat dan Bersih Saat Menstruasi? Yuk, Simak Tips Berikut Ini

sehat dan bersih saat menstruasi
fuatuttaqwiyah.com

 

Menstruasi adalah hal normal yang dialami oleh perempuan. Zaman dulu membicarakan masalah ini masih dianggap tabu dan malu. Akibatnya, banyak anak perempuan yang panik ketika mengalami menstruasi pertamanya. Mereka malu dan tidak tahu bagaimana menyikapi kondisi menstruasi ini.

Anak perempuan yang tidak dibekali pengetahuan tentang menstruasi cenderung malu dan tidak percaya diri. Bahkan ada yang memilih tidak masuk sekolah ketika menstruasi datang karena malu dan takut dirundung oleh teman laki-lakinya.

 

Sejarah Hari Kebersihan Menstruasi

Sejarah hari kebersihan menstruasi dimulai dari 2013 oleh lembaga nonprofit asal Jerman, Wash Hand. Setahun kemudian, banyak negara yang mengikuti dan menjadikan tanggal 28 Mei sebagai agenda tahunan untuk kampanye menstruasi.

Pemilihan angka 28 Mei berdasarkan siklus bulanan haid rata-rata wanita, yakni 28. Mei mewakili jumlah hari menstruasi yang dialami oleh sebagian wanita, yakni 5 hari. Meskipun ada juga yang masa menstruasinya kurang atau lebih dari 5 hari.

 

Webinar Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

sehat dan bersih saat menstruasi
koleksi fuatuttaqwiyah,com

Tanggal 27 Mei 2021, saya berkesempatan mengikuti Webinar “Sehat dan Bersih Saat Menstruasi” yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia. Webinar ini diadakan dalam rangka Peringatan Hari Kebersihan Menstruasi.

Acara ini diikuti oleh sekitar 1000 perempuan dari seluruh Indonesia. Tujuan webinar adalah mengenai pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM), serta mematahkan stigma dan norma sosial negatif terkait menstruasi yang masih dianggap tabu di masyarakat. Peringatan ini menjadi sebuah aksi tahunan yang melibatkan pemerintah, organisasi, pihak swasta, dan masyarakat luas.

 

Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

Prof.Dr. dr.Dwiana Ocviyanti, SPOG (K), MPH, anggota Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI) dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RSCM, menjelaskan tentang cara bersih dan sehat saat menstruasi.

Pentingnya Memahami Manfaat Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM)

  1. Menjaga kebersihan ekstra selama periode menstruasi.
  2. Mengetahui berbagai kondisi kesehatan yang dapat timbul akibat MKM yang buruk.
  3. Mengetahui cara mencegah kanker serviks, infeksi vaginal dan ketidaknyamanan (gatal vagina, bau tidak sedap vagina, iritasi vagina, dan keputihan) yang terjadi dan hubungannya dengan MKM yang buruk.
  4. Manajemen kebersihan area kewanitaan yang dapat dilakukan sehari-hari atau pada saat menstruasi.

Apa itu Menstruasi?

Menstruasi adalah

  1. Kondisi yang normal terjadi pada perempuan.
  2. Keluarnya darah selama beberapa hari (3-7 hari) dari orgam intimnya, satu periode setiap bulannya (setiap 28, atau 21-35 hari)
  3. Pada awalnya menandakan seorang perempuan sudah siap untuk bereproduksi (memiliki anak) karena haid didahului oleh proses matangnya sel telur yang siap dibuahi.
  4. Darah yang dikeluarkan sebetulnya merupakan lapisan rongga rahim yang disiapkan sebagai tempat menempelnya sel telur yang sudah dibuahi, yang selanjutnya akan berkembang menjadi janin.

Manajemen Kebersihan Menstruasi

  1. Pengelolaan kebersihandan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi.
  2. Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih dan dapat diganti sesering mungkin selama periode menstruasi.
  3. Memiliki akses untuk pembuangannya serta dapat mengakses toilet, sabun, dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dengan privasi yang terjaga.

Masalah Kesehatan Akibat Penjagaan di Masa Menstruasi yang Buruk

  1. Infeksi saluran reproduksi
  2. Infeksi saluran kemih
  3. Infeksi jamur
  4. Peningkatan risiko kanker serviks

Data di Indonesia

Berdasarkan data, kesadaran perempuan Indonesia akan pentingnya manajemen kebersihan selama menstruasi masih sangat rendah. Bisa dilihat di flyer berikut.

fakta di Indonesia terkait menstruasi
koleksi fuatuttaqwiyah.com.

Cara Menjaga Kebersihan Menstruasi

  1. Cuci bersih pembalut yang sudah dipakai dan dimasukkan ke dalam kantong plastik.
  2. Buanglah pembalut yang sudah tidak dipakai ke tempat sampah.
  3. Apabila menggunakan pembalut cuci ulang, cuci pembalut setelah digunakan.
  4. Mandi dua kali sehari untuk menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh.
  5. Selalu cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah mengganti pembalut.
  6. Gunakan air yang bersih yang mengalir saat membersihkan vagina.

Catatan

  1. Cara membersihkan vagina dari arah depan ke anus, bukan sebaliknya.
  2. Bila menggunakan cairan pembersih vagina, pilih yang sesuai dengan PH normal vagina, yakni 3,5-4,5.
  3. Gunakan pembalut yang bersih dan ganti minimal 4 jam sekali.
  4. Vaginitis bisa terjadi bila kebersihan menstruasi buruk, seperti vaginosis bakterialis, kandidosis vulvovaginalis, dan infeksi saluran kemih.
  5. Kanker serviks bisa dicegah dengan vaksin HPV, IVA atau pap smir.

Dukungan Pemerintah dalam Manajemen Kebersihan Menstruasi

Materi ini disampaikan oleh dr.Dwi Oktavia, TLH, M.Epid, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Pemerintah sudah mendukung MKM dengan Peraturan Pemerintah no 61 tahun 2014 tentang Kesehatan Reproduksi.

pp no.61 tahun 2014 tentang kesehatan reproduksi
koleksi fuatuttaqwiyah.com

Beliau juga menyampaikan program kesehatan yang mendukung kesehatan reproduksi remaja, yakni

  1. Usaha Kesehatan Sekolah

Kolaborasi antara sekolah dan puskesmas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat atau kemampuan hidup sehat bagi warganya.

  1. Posyandu Remaja

Program ini memang belum sefamiliar posyandu lansia. Bila di kampung sendiri belum ada, bisa mengajukan ke posyandu desa atau ke puskesmas di wilayah tersebut. Tujuan posyandu remaja ini adalah memberikan fasilitas dalam memahami seluk beluk remaja selama masa puber.

  1. Aku Bangga Aku Tahu

Program Giat penyuluhan rutin ke sekolah terkait kesehatan reproduksi dan penyakit infeksi menular seksual.

  1. Vaksinasi HPV

Program ini diberikan kepada anak sekolah dengan sasaran anak SD kelas 5 dan 6 untuk memerangi kanker serviks. Biasanya dilaksanakan pada program bulan imunisasi.

Terakhir dr,Dwi Oktavia menyarankan agar anak perempuan mendapatkan informasi tentang menstruasi sejak dini. Para ibu diharapkan menjadi orang pertama yang memberikan informasi ini. Selain itu, mintalah kepada tenaga kesehatan atau puskesmas sebagai rujukan mengenai menstruasi agar tidak terjebak dengan mitos yang salah.

 

Ibu Bicara Menstruasi (Peran Ibu untuk Edukasi Anak Perempuan Tentang Sehat dan Bersih Saat Menstruasi)

Judul ini disampaikan oleh Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si, psikolog yang biasa dipanggil Anna. Beliau menyampaikan tentang begitu besar peran ibu dalam menjelaskan tentang menstruasi kepada anak perempuannya.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Anna, sebagian ibu sulit bicara menstruasi. Hal ini ternyata tidak hanya dialami oleh ibu-ibu di Indonesia.

  1. Nigeria: pengetahuan reproduksi bagus. Namun, kualitas komunikasi reproduksi buruk.
  2. Ethiopia: kesalahpahaman remaja tentang menstruasi justru mengurangi kualitas hidup antara kesehatan dan kemandiriannya.
  3. Pakistan: 2 dari 3 perempuan tahu informasi menstruasi dari ibu. Hampir 40% tidak masuk sekolah karena menarke. Hampir 60% tetap membasuh vagina dengan air.
  4. Indonesia: 1 dari 4 anak tidak menerima informasi tentang menstruasi sebelum menarke.

 

Mengapa Sulit Bicara Menstruasi

Sebagian ibu masih menganggap tabu bicara menstruasi kepada anak perempuannya. Selain itu, para ibu juga merasa kurang pengetahuan tentang menstruasi dan bingung cara memulai bicara menstruasi kepada anak perempuan. Demikian juga ada keraguan di kalangan remaja akan kemampuan sang ibu.

Berdasarkan data 90% anak percaya kepada orang tua dan guru sebagai sumber informasi. Ibu menjadi orang pertama yang diharapkan anak perempuan berbicara masalah menstruasi. Setelah itu beruurutan mulai dari teman/saudara perempuan, guru di sekolah, dan buku, film, artikel, internet.

Bicara Menstruasi

Menstruasi bila tidak dibicarakan akan menimbulkan emosi negatif (lemas, takut, malu, marah), ketidaksiapan memahami menarke, kesalahpahaman tentang menstruasi.

Jika dibicarakan, anak perempuan akan memahami kesehatan reproduksi lebih baik, menunda hubungan seksual pertama, mengurangi risiko kesehatan mental terkait seksualitas, dan hubungan ibu-anak semakin dekat.

Pertanyaan yang Sering Muncul Terkait Menstruasi

  1. Apakah menstruasi itu?
  2. Bagaimana menstruasi bisa terjadi?
  3. Mengapa laki-laki tidak menstruasi?
  4. Apa tanda-tanda menstruasi?
  5. Apa beda pembalut yang bersayap dan tidak?
  6. Apakah sama keputihan dan menstruasi?
  7. Mengapa kalau menstruasi gampang marah dan capek?

Apa yang Dibicarakan

Sebelum menstruasi datang, sebaiknya anak perempuan sudah diajak bicara. Temanya sekitar menstruasi, seperti definisi, hal yang wajar bagi perempuan, apa yang dilakukan kalau dapat menstruasi, perubahan mood dan tubuh.

Ketika menstruasi sudah datang, hal yang perlu dibicarakan meliputi cara menjaga kesehatan vagina, perlunya membawa pembalut cadangan ketika keluar rumah, apa yang dilakukan ketika merasa sakit, apakah keputihan itu wajar dan cara mengatasinya, cara mencatat periode menstruasi dan mengapa itu perlu dilakukan.

Strategi Bicara Menstruasi

  1. Ibu adalah orang yang paling diharapkan berbicara menstruasi kepada anak perempuan. Oleh karena itu, ibu perlu membekali diri dengan pengetahuan yang tepat tentang menstruasi. Termasuk mana mitos dan fakta tentang menstruasi. Selain itu, ibu juga harus belajar cara berkomunikasi dengan anak terkait hal ini.
  2. Bicara ini tidak tabu karena kesehatan reproduksi perempuan generasi bangsa.
  3. Lakukan berulang kali alias sekali itu tidak cukup. Topik menstruasi dibicarakan sejak muncul tanda-tanda awal pubertas atau sebelumnya dan sesuaikan dengan umurnya.
  4. Bersikap positif karena pubertas termasauk isu yang sensitif bagi remaja.
  5. Banyak bertanya dan diskusi bukan metode ceramah/nasihat. Jika ibu belum mempunyai jawaban, minta waktu untuk mencari informasi yang benar.
  6. Jelaskan secara konkret mengenai anatomi tubuh (dengan gambar atau permainan), tunjukkan pembalut, cara memakai, dan membuangnya ke tempat sampah.
  7. Jelaskan juga kepada anak laki-laki. Tujuannya agar anak laki-laki bisa menghargai dan memahami perempuan yang sedang menstruasi. Misalnya mengambilkan air hangat ketika sakit, menutupi perempuan yang mengalami menstruasi di rok atau celana yang dipakainya.

Mundipharma

Mada Shinta Dewi, Country Manager Mundipharma, menginformasikan bahwa “Mundipharma telah berkomitmen memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia terutama perempuan dalam menjaga kesehatan area kewanitaan. Perusahaan ini berkolaborasi dengan Kementrian Kesehatan RI dan POGI dalam program edukasi mengenai kebersihan menstruasi sejak 2017.

Buku saku Sehat dan Bersih Saat Menstruasi kepada lebih dari 1.000.000 perempuan Indonesia. Harapan dari Mundipharma, perempuan Indonesia semakin memahami cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaanya. Mereka juga bisa beraktivitas normal tanpa terhalang menstruasi.

Betadine Feminine Care

produk betadine feminine care
koleksi betadine feminine care

Betadine Feminin Care melalui Betadine Feminine Care, Mundipharma mengajak perempuan Indonesia untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan. Produk Betaidine Feminin Care sangat lengkap dan berkualitas tinggi. Selain itu, produk bisa digunakan sehari-hari, pada saat menstruasi, dan jika terjadi infeksi.

Produk Betadine Feminin Care

1.      Betadine Feminine Wash, pembersih kewanitaan sehari-hari dengan prebiotik yang merupakan makanan dari bakteri baik dan memberikan perlindungan alami.

2.      Betadine Feminine Hygiene dengan providone-Iodine yang memiliki spektrum luas dan bisa mengatasi keputihan berlebih, bau tak sedap vagina, gatal vagina, dan iritasi vagina ringan yang sering terjadi ketika menstruasi.

3.      Betadine Feminine Vaginal Douche untuk mengatasi infeksi vagina.

4.      Betadine Feminine wipes, tisu basah yang bisa dibawa saat bepergian atau keluar rumah. Tisu ini dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable. Minimal enggak bingung dan ribet lagi kalau pas bepergian.

Produk Betadine Feminine Care bisa dibeli di https://shopee.co.id/betadineofficial atau https://www.tokopedia.com/betadineofficial?source=universe&st=product .

 

 

 

 

 

0 Shares:
73 comments
  1. Informasinya sangat bermanfaat mbak. Pas banget sebagai bekal informasi utk ibu dg anak perempuan yang baru mulai mengalami menstruasi. Terimakasih 🙏

      1. Artikelnya sangat bagus mb,, bisa membantu nnti ketika anak mengalami menstruasi pertamanya..terimakasih mb..🙏

    1. Bermanfaat sekali, bekal bagus untuk menjawab anakku yang sudah mulai tanya2 tentang menstruasi. 👍👌🤩

  2. Artikelnya informatif sekali, menjelaskan dengan gamblang tentang menstruasi. Informasi yang sangat bermanfaat bagi para ibu yang memiliki anak perempuan, terutama saat mendampingi menstruasi pertamanya. Terima kasih sudah berbagi…

  3. Mantap! Semoga remaja wanita bisa semakin teredukasi dengan masalah ini demi masa depan generasi yang elbih sehat

  4. Terimakasih ilmunya dan tips sehatnya mbk Fu. sangat bermanfaat buat aku dan anakku, dan seluruh wanita wanita di Indonesia tentunya. Aamiin

  5. Pas banget dgn kebutuhan saya saat ini. Anak perempuan saya yang berusia 10 tahun, lagi kepo banget dan banyak bertanya tentang menstruasi. Semua lbu dan calon ibu harus memahami materi ini dengan baik. Thanks, Mbak Fu.

  6. Mbak, alhamdulillah webinar ini membawa pencerahan dan sangat bermanfaat ya? sehingga saya punya ilmu untuk mengedukasi ananda.

  7. Thank you informasinya mam… Aku juga ikutan webinarnya. Sangat mencerahkan dan bermanfaat ya. Jadi makin semangat untuk membagikan ilmu dan mengedukasi teman-teman agar lebih peduli pentingnya mengajarkan anak tentang apa itu menstruasi dan menjaga kebersihan saat menstruasi.

  8. ikut senang ya, ada hari menstruasi yang membuat perempuan untuk lebih aware sama kesehatan dan kebersihan organ wanitanya 🙂

  9. Webinar ini bermanfaat banget nih buat kita semua para Ibu dan Calon Ibu. Sebagai calon Ibu memang aku juga banyak belajar agar nantinya mampu menjelaskan tentang hal-hal terkait kesehatan reproduksi baik untuk anak perempuan maupun anak laki-laki

  10. Webinar ini bermanfaat banget nih buat kita semua para Ibu dan Calon Ibu. Apalagi buat aku yang belum menikah penting banget paham kesehatan reproduksi dan sehat serta bersih selama menstruasi

    1. betul mbak webinarnya sangat bermanfaat. kalau dulu aku tahu penggantian pembalut minimal 4 jam sekali di majalah gadis. waktu itu edisi agustus. ada sponsor pembalut yang membahas tentang menstruasi dan penggantian pembalut ketika upacara bendera 17 agustus dan trik mengakali biar tidak tembus di upacara bendera 17 agustus. tahunnya lupa.

  11. salut ya mbak Fu, ternyata pemerintah juga punya peran dalam menjaga kebersihan menstruasi ya
    Begitu juga dengan Betadine, produknya bisa membantu kita dalam menjaga kebersihan area kewanitaan

    1. betul mbak, baru tahu juga kalau pemerintah ternyata peduli dengan manajemen kebersihan menstruasi. selama ini ke mana saja ya? pengetahuan dari webinar sangat bermanfaat banget.

  12. Kayanya di tas aku harus ada Betadine Feminine wipes nih kak
    Btw makasih sharingnya kak. Acaranya keren banget. Menstruasi memang hal tabu di masyarakat kita. Padahal wajib di omongin ya kak. Soalnya ada kaitannya dengan reproduksi perempuan.

    1. betul mbak webinar yang bermanfaat untuk semua baik remaja maupun orang dewassa. mengingatkan kita untuk menjaga kebersihan organ intim ketika menstruasi dan sehari-hari.

  13. Inget dulu waktu sekolah kalau mens pasti tembus teruuuss.. mkny pake cd double tapi efeknya jg area bawah sana jadi lembap karena seharian dipake (abis ganti di kamar mandi sekolah tuh, duh…)

  14. Bwruntung bisa ikutan webinarnya juga. Jadi diingatkan lagi tentang pentingnya menjaga kebersihan miss v saat menstruasi ya ka. Selama ini sempt dilema juga saat ingin memakai sabun khusus miss v. Alhamdlillaah sekrang tercerahkan.

    1. iya mbak. ternyata bahaya banget kalau vagina tidak dijaga kebersihannya ketika menstruasi. beruntung kita mengikuti webinarnya. jadi makin sadar dengan kebersihan vagina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like