Menu Sehat untuk Ibu Hamil Ala Yummy App

menu sehat untuk ibu hamil ala Yummy App

Pola hidup sehat sudah menjadi pilihan di keluargaku. Sejak awal menikah hingga sekarang, aku berusaha menerapkan hal itu. Apakah mudah? Tentu tidak. Kendala pasti ada. Namun, komitmen bersama antara aku dan suami membuat segalanya jadi mudah.

Memperbanyak Makan Sayur dan Buah

sayur bayam dan kangkung
sayur bayam dan kangkung hasil panen sendiri

Dalam rangka program hamil, aku mulai membiasakan diri memakan sayuran dan buah. Setiap hari aku berusaha makan sayur dan buah dengan jumlah tertentu. Tentu makanan yang kumakan adalah makanan penyubur kandungan, seperti sayuran hijau, brokoli, dan sebagainya.

Untuk buah, kupilih buah lokal. Pemilihan buah ini sesuai dengan bujet yang kupunya. Enggak harus buah impor, buah lokal pun enggak kalah kok. Pisang, jeruk, dan mangga (kalau pas musim) menjadi buah favorit di keluargaku.

Menjauhi Makanan Instan

Makanan instan memang sudah kujauhi sejak memulai program hamil. Begitu juga minuman saset dan kopi. Sesekali aku minum, itu pun tidak habis. Ujung-ujungnya dibuang karena sudah dingin dan tidak enak. Aku berusaha minum air putih atau jus buah segar.

Aku lebih menyukai vitamin yang berasal dari buah segar dibandingkan vitamin berbentuk tablet. Di rumah pun tidak ada persediaan vitamin dalam bentuk kapsul. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, aku memilih sayuran dan buah saja.

sayur dan buah (pixabay.com)

Memilih Menu Makanan Untuk Ibu Hamil

Memilih menu untuk ibu hamil, memang gampang-gampang susah, apalagi ketika masih trimester awal. Demi menjaga usia kandungan yang masih rawan, aku membaca artikel yang berhubungan dengan kehamilan, selain bertanya kepada dokter kandungan.

Pesan dokter saat aku periksa kemarin tidak ada pantangan untuk makanan. Dasarnya aku memang tidak alergi dengan makanan apa pun. Lagi pula pola makan sehat sudah kujalankan jauh sebelum aku hamil. Pesan dokter hanya tidak boleh makanan sayuran mentah dan hati-hati ketika makan makanan yang dibakar. Dokter khawatir pembakarannya kurang sempurna sehingga berakibat tidak baik untuk kandungan.

Makanan yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil

Dari artikel yang kubaca dan pengalaman dari teman, memang ada beberapa sayuran dan buah yang tidak boleh kumakan. Buah yang tidak boleh dimakan adalah pepaya mentah, nanas, durian, dan nangka. Kalau sayuran yang tidak boleh adalah daun pepaya dan pare karena bisa menyebabkan keguguran.

Selain itu, makanan instan dan minuman instan kuhindari. Termasuk bumbu masakan yang mengandung micin. Walau aku sudah lama tidak menggunakan micin atau penyedap rasa lainhya. Kuusahakan masak dengan bumbu alami, masih segar, dan tanpa pengawet.

Makanan yang Boleh untuk Ibu Hamil

Makanan yang boleh untuk ibu hamil sebenanya banyak banget. Namun, aku hanya konsumsi beberapa saja. Tergantung selera dan keinginanku saat mau masak.

Buah yang menjadi favoritku adalah pisang dan jeruk. Pertimbangannya karena murah dan banyak yang jual. Sesekali aku beli mangga. Kalau sayuran hijau, aku memilih bayam, kangkung, dan brokoli.

Ketika bingung menentukan menu masakan harian, aku menemukan aplikasi Yummy App. Aplikasi ini sangat membantuku dalam mengolah menu yang akan kumasak. Apalagi aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang aplikatif.

Fitur Memilih Bahan Makanan A-Z

fitur memilih bahan
fitur Memillih Bahan Yummy App

Fitur masak dalam Yummy App menyediakan semua bahan makanan dari huruf a-z. Anda tinggal pilih bahan yang ada (sesuai persediaan di rumah) lalu terapkan. Akan muncul menu yang sesuai dengan bahan tadi dilengkapi dengan estimasi harga. Wow lengkap banget kan.

Ketika kupilih alpukat maka muncul resep alpukat banyak banget. Tinggal scroll dan pilih sesuai selera. Alpukat kupilih karena banyak mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh janin agar pertumbuhannya sempurna.

Menu alpukat yang ada di Yummy App antara lain alpukat cokelat, alpukat gula aren, alpukat kocok, alpukat kolang, alpukat bread, dan sebagainya. Favoritku adalah alpukat gula aren karena cara membuatnya sangat simpel.

Sayuran brokoli

brokoli cah bawang putih
brokoli cah bawang putih ala Yummy App

Biasanya aku makan sayuran brokoli direbus saja. Rasanya sudah enak. Namun, di Yummy App, banyak varian olahan brokoli, seperti brokoli cah bawang putih, brokoli wortel, tumis brokoli, sop brokoli, dan sebagainya.

Brokoli mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh janin. Oleh karena itu, hampir tiap hari aku makan brokoli.

Sayur Bayam

Selain brokoli, aku juga makan sayur bayam. Biasanya kuolah sayur bening. Di Yummy App, banyak banget lho olahan bayam. Sayuran ini bisa diolah menjadi sayur bening, ditumis, digoreng menjadi camilan, dan sebagainya. Favoritku sih bening bayam jagung manis.

bening bayam jagung manis ala Yummy App
bening bayam jagung manis ala Yummy App

Tahu dan Tempe

Untuk memenuhi kebutuhan protein, kupilih olahan tahu dan tempe. Seperti tempe kemangi dan tumis tahu tauge. Yummy App benar-benar lengkap lho.

Fitur-fitur di Yummy App

Home Yummy App
tampilan home Yummy App

Ketika membuka aplikasi, langsung disambut dengan ucapan selamat (sesuai dengan waktu Anda mengakses). Misal Selamat malam Chef Fuatuttaqwiyah. Jadi, nambah percaya diri buat masak. Selain itu, bisa nambah semangat dan imun.

Di bagian home ada menu trending, event dan promosi, akun official, jelajah kuliner nusantara, masakan Jatim Uenak Pol, dan rekomendasi.  Di bagian bawah aplikasi ada home, tulis resep, masak, notifikasi, dan akun. Jadi, selain bisa mencari resep, Anda juga bisa menulis dan mengunggah foto resep masakan.

Wah asyik kan? Setiap resep dilengkapi dengan bahan, bumbu, cara memasak resep, informasi resep. Informasi resep terdiri dari estimasi waktu untuk masak, porsi, bujet, dan keterangan (misal tanpa babi). Mantap kan?

Jadi, yang masih bingung dengan resep masakan, yuk segera instal Yummy App. Sst, Anda juga membagikan resep masakan dan dapat duit lho kalau gabung dengan komunitas.

 

 

0 Shares:
4 comments
  1. Wah selamat yaa mbak Fuatu…Semoga kehamilannya lancar dan semua sehat baby dan Mamanya.
    Udah lama nih aku engga masak brokoli, rada bosen gitu, tahunya resep itu-itu lagi.
    Cek ah Yummy App, ada variasi resep brokoli apa niiih…Sip…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like