Popmama Parenting Academy 2021 Saatnya Parents Support Parents

Popmama Parenting Academy 2021 adalah acara tahunan yang diadakan oleh Popmama.com sebagai solusi bagi keluarga milenial yang mencari hiburan, edukasi, pengalaman yang menyenangkan, dan pengalaman berbelanja.

Selain itu, dalam acara tersebut tersedia juga semua yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan pengasuhan anak sekarang dan di masa depan, yaitu memanfaatkan teknologi dengan bijak di era Internet of Things.

Agenda Popmama Parenting Academy 2021

Tahun ini Popmama Parenting Academy 2021 diadakan selama sebulan, yakni mulai tanggal 1-31 Desember 2021. Kebayang kan berapa lama dan betapa serunya perhelatan tersebut. Semua kegiatan dilakukan secara daring karena masih dalam suasana pandemi, sama seperti tahun sebelumnya.

Ada apa saja di Popmama Parenting Academy 2021? Simak berikut ini!

Bersama Popmama.com Membantu Anak Yatim/Piatu Akibat Covid-19

sumber popmama.com

Covid-19 memang meninggalkan duka. Menurut Unicef, ada sekitar 25.430 anak Indonesia yang ditinggal meninggal orang tuanya, baik ibu, bapak, atau keduanya. Data ini diperoleh dari pemetaan nasional yang dilakukan oleh Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) dan Unicef.

Dari data di atas, 57% kehilangan ayah, 37% kehilangan ibu, dan 5% kehilangan keduanya. Hal ini juga yang dialami oleh putri guru saya. Kedua orang tua, kakek dan nenek dari pihak ibu meninggal dunia akibat Covid-19. Bisa dibayangkan bagaimana putri guru saya tersebut dan adik-adiknya meneruskan hidup.

Sebagian anak yatim, piatu, yatim dan piatu diasuh oleh saudara dari pihak ayah atau ibu. Namun, ada sekitar 114 anak yang belum mendapatkan perlindungan dan pengasuhan dari orang dewasa.

Penggalangan donasi dilakukan melalui platform Kitabisa.com dan akan disalurkan melalui program #KawalMasaDepan. Hal ini merupakan bagian dari parents support parents. Program saling mendukung antar orang tua yang terdampak Covid-19.

Dana yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai pendidikan, kebutuhan harian anak-anak yang kehilangan orang tuanya karena Covid-19. Periode penggalangan donasi berlangsung hingga 31 Desember 2021.

Jadi, yang mau ikut berdonasi bisa klik link berikut ini https://kitabisa.com/campaign/popmamabantuyatimcovid

Peluncuran buku Popmama Guidance Book for Pandemic Generation

Sebagai bagian dari parents support parents, Popmama.com menghadirkan buku panduan untuk memahami generasi pandemi. Mulai dari tumbuh kembang, perilaku, dan karakter.

Generasi pandemi memang anak-anak yang unik. Mereka langsung dihadapkan dengan pembatasan segala bidang dan prokes yang ketat. Dunia yang serba terbatas membuat aktivitas mereka pun hanya sekitar rumah dan layar gawai.

Keunikan buku Parenting Guide for Pandemic Generation, panduan mengasuh generasi pandemi untuk semua orang tua adalah

  1. Karakter unik generasi pandemi perlu pemahaman khusus.
  2. Penulis buku adalah para pakar di bidangnya, yakni psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, M.Psi dari Tiga Generasi dan psikolog Rosdiana Setyaningrum, M.Psi, MHP.Ed, peneliti dari Puskapa Universitas Indonesia Ni Luh Putu Maitra Agastya, dokter spesialis anak dari RSPI Puri Indah dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A, dan penasihat keuangan dari Finansialku Rista Zwestika S.Sos AWP.
  3. Pembahasan buku terbagi dalam 4 pilar, yaitu pendidikan anak, kesehatan anak, keuangan keluarga, dan pencegahan kekerasan pada anak.
  4. Penelitian buku dibantu oleh pembaca sehingga terasa nyata, yakni pembaca Popmama.com yang tergabung dalam WA Group Komunitas Popmama.
  5. Buku disusun sistematis dan mudah dibaca.
  6. Buku dengan format e-book ini nanti bisa di-download dari website popmama.com. 

Community Awards

sumber: popmama.com

Community Awards adalah ajang penghargaan komunitas dari Popmama.com. Acara ini diadakan untuk mendukung komunitas yang sudah berusaha mengedukasi serta memberikan dampak positif ke masyarakat.

Menurut Popmama.com, keberadaan komunitas sangat penting. Terlebih saat pandemi. Mereka adalah pendukung mama dalam beraktivitas yang kesehariannya hanya di rumah dan serba dibatasi.

Ada dua kategori Community Awards POPAC 2021, yaitu Educative Community Award (komunitas yang paling mendidik) dan Supportive Community (komunitas yang paling supportif).

Penghargaan ini dalam rangka POPAC 2021 yang bertemakan Parent Support Parents. O ya, pendaftaran komunitas dimulai tanggal 1-30 November 2021. Jadi, masih ada waktu untuk mendaftar. Yuk, buruan daftarkan komunitas mama! Hadiahnya lumayan lho buat mengembangkan komunitas yang mama ikuti.

Popmama Little Star 2021

Setiap anak mempunyai bakat yang istimewa. Bakat unik yang tidak dimiliki anak lainnya. Mama bisa menunjukkan bakat putra atau putrinya di ajang Popmama Little Star 2021. Banyak hadiah menarik lho. Sayang lho kalau dilewatkan. Syarat dan ketentuan bisa dilihat di sini. 

Lomba Blog Popmama Parenting Academy 2021

Untuk mama ada lombanya juga, yakni lomba menulis di blog. Ada tiga tema yang bisa dipilih, yakni Sejarah Popmama Parenting Academy, Apa itu Popmama Parenting Academy, dan Isi acara Popmama Parenting Academy 2021. Hadiahnya jutaan rupiah lho. Yuk, Mama ikutan lomba blog ini! Masih ada waktu untuk menuliskannya di blog. Deadline tanggal 30 November 2021.

Gimana Mama? Masih ragu ntuk ikutan? Semoga tidak ya. Tinggal mengikuti semua rangkaian acara Popmama Parenting Academy 2021. Usahakan hadir dalam setiap agendanya. Jangan lupa untuk mengikuti acara puncak Awarding Night Popmama Parenting Academy pada Rabu, 22 Desember 2021.

 

 

31 pemikiran pada “Popmama Parenting Academy 2021 Saatnya Parents Support Parents”

  1. Wah, ternyata popmama academy gak cuma dapat ilmu dan kegiatannya aja yg banyak.. Tetapi mereka juga mempuyai agenda charity untuk yg membutuhkan.. Lengkap banget ya popac ini 😀

    Balas
  2. Alhamdulillaah melalui IIDN jadi mengenal Popmama yang keren bangeeet. Banyak programnya yang seru dan sarat edukasi. Semakin tak sabar menanti puncak acara Popac 2021 tanggal 22 Desember nanti.

    Balas
  3. Saya baru tahu sekarang ada event POPAC, padahal sudah menginjak tahun ketiga, ya. Duh telat banget. 😅 Agenda acaranya keren-keren banget.

    Balas
  4. sedih banget ya dengan keadaan anak-anak yang harus kehilangan ortu mereka karena pandemi ini, apalagi bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan 🙁 hikss, sungguh gakk bisa bayangin gimana mereka melanjutkan hidup tanpa kasih sayang langsung kedua orangtua 🙁

    Balas
  5. Suka bgt sama tagline nya, udah saatnya kita saling support dan ga suka nyinyir ya..
    Popac ini salah satu acara Parenting yg slalu dinanti tiap tahun ya Mba, seru dan informatif bgt

    Balas
  6. Bagus banget acara Popmama parenting academy yang diadakan selama satu bulan penuh ini, Banyakpembicra bagus dengan bahasan terkini. Aku suka ada peluncuran buku yang bermanfaat sekarang, yakni buku Parenting Guide for Pandemic Generation, panduan mengasuh generasi pandemi untuk semua orang tua.

    Balas

Tinggalkan komentar